Kamis, 02 Juni 2011

Ini Dia...10 Spesies Baru Yang Ditemukan Tahun 2011

Bumi sangat luas, terdapat beragam jutaan makhluk di dalamnya, tidak heran kalau bermacam-macam spesies baru ditemukan setiap tahun. Nah kali ini kami mengulas spesies-spesies unik yang ditemukan tahun 2011 ini.


Darwin's Bark Spider


Nama Latin : Caerostris darwini
Bark Spider memintal jaring sutra berbentuk lingkaran terbesar di dunia, sutra tersebut lebih kuat 10x lipat dibanding serat Kevlar dan merupakan bahan biologis terkuat yang pernah dikenal manusia. Mengenai namanya yaitu Darwin diebrikan sebagai penghormatan atas bapak evolusi manusia, Charles Darwin.

Eternal Light Mushroom

Nama Latin : Mycena luxaeterna

Ternyata tumbuhan yang bercahaya tidak hanya ada di planet Pandora. Ternyata di bumi juga ada jamur bercahaya. Mycena hanya salah satu dari 71 jamur yang bercahaya, jamur ini terus-menerus memancarkan cahaya kuning kehijauan dari batang mereka. Jamur ini dikumpulkan di dekat Sao Paolo, Brasil, dalam beberapa hutan tersisa Atlantik.

Monitor Lizard

Nama Latin : Varanus bitatawa

Kadal ini panjangnya lebih dari 6 kaki dan berat sekitar 20 pound. Meskipun binatang ini tidak asing oleh pemburu lokal, namun para ahli biologi baru menemukan spesies ini. Kadal ini hanya ditemukan di
Hutan Northern Sierra Madre di Pulau Luzon di Filipina.

Pollinating Cricket

Nama Latin : Glomeremus orchidophilus

Ditemukan di Pulau RĂ©union di Samudera Hindia Barat Daya, jengkrik ini adalah satu-satunya penyerbuk dari anggrek langka yang juga ditemukan di pulau itu. Ini adalah bukti yang jelas penyerbukan oleh jangkrik terhadap bunga.

Duiker

Nama Latin : Philantomba walteri

Mamalia mirip rusa ini ditemukan di Afrika Barat di pasar daging. Rusa ini dinamakan Walter Duiker untuk menghormati Walter Verheyen, yang diyakini telah mengumpulkan sampel pertama dari spesies di Togo pada tahun 1968.

King Tyrant Leech

Nama Latin : Tyrannobdella rex

Lintah T-Rex ini ditemukan di selaput lendir hidung seorang gadis di Peru. Ukuran gigi yang tidak biasa untuk lintah dengan rahang bersenjata tunggal.


Underwater Mushroom

Nama Latin : Psathyrella aquatica

Ditemukan di Sungai Rogue di Oregon, jamur ini adalah satu-satunya spesies jamur yang berkembang biak di dalam air.

Jumping Cockroach

Nama Latin : Saltoblattella montistabularis

Kaki kecoa ini khusus digunakan untuk melompat, suatu adaptasi yang belum terlihat sejak masa Jurassic. Kecakapan melompatnya serupa dengan belalang. Antena ini menyediakan jalur ekstra untuk menstabilkan sambil melompat.

Pancake Batfish

Nama Latin : Halieutichthys intermedius

Rust-Eating Bacterium

Nama Latin : Halomonas titanicae

Ditemukan pada karat di reruntuhan Titanic, bakteri ini mengkonsumsi oksida besi. Seiring dengan mikroorganisme lain, bakteri telah memberi kontribusi pada pembusukan logam kapal dengan tetap berpegang pada baja dan membentuk gundukan bahan korosi. Digambarkan di sini: di sebelah kiri, pewarnaan negatif bakteri, hak, tumpukan bakteri membentuk struktur stalaktit-esque


http://www.popsci.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar